PEMUDA

Posted by gregorius agung suryo narindro / Category:

Pemuda adalah generasi penerus sebuah bangsa,kader bangsa,kader masyarakat dan kader bagi keluarga nya sendiri. Generasi penerus ini slalu diidentikan dengan perubahan, bagaimana tidak peran pemuda dalam membangun bangsa ini, peran pemuda dalam menegakn keadilan, peran pemuda yg menolak kekuasaan. Maka generasi penerus ini sangat di butuhkan untuk mewujudkan perubahan pada bangsa kita ini

Sejarah telah mencatat kiprah pemuda-pemuda yg tak kenal waktu dan pantang menyerah dalam perjuangan mereka yg penuh semangat biarpun jiwa raga menjadi tarohan nya. Indonesia bisa merdeka karena ada nya pemuda yg berani dan bersemangat yg rela mengorbankan diri mereka untuk bangsa dan negara, seperti Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Sutan Syahrir, dll.

Dalam pidatonya, Sukarno pernah mengorbakan semangat juang Pemuda, “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia”. Begitu besar peranan pemuda di mata Sukarno, jika ada sembilan pemuda lagi maka Indonesia menjadi negara Super Power.

Salah satu peristiwa paling bersejarah di indonesia adalah sumpah pemuda (28 Oktober 1928). Rumusan / teks sumpah pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin. tentang Sumpah ini awalnya dicabakan oleh Soegondo walau akhirnya dijelaskan secara rinci oleh Yamin.

Tentang isi teks dari Sumpah pemuda adalah sebagai berikut :

1. PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.

2. KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.

3. KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.

Sekarang Pemuda lebih banyak melakukan peranan sebagai kelompok politik dan sedikit sekali yang melakukan peranan sebagai kelompok sosial, sehingga kemandirian pemuda sangat sulit berkembang dalam mengisi pembangunan ini.

Peranan pemuda dalam bersosialisasi bermasyrakat terlihat menurun dratis, dulu biasanya setiap kali ada kegiatan masyarakat seperti acara-acara keagamaan, kerja bakti, adat istiadat biasanya yang pemuda lah yang berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut. Namun pemuda kita sekarang lebih suka dengan kesenangan dan selalu bermain-main.

Sekarang pemuda pemudi kita lebih suka peranan di dunia maya ketimbang dunia nyata. Lebih suka di forum daripada duduk mufakat untuk kemajuan RT, RW, Kecamatan, Provinsi bahkan di tingkat lebih tinggi adalah Negara.

Pemuda kita dituntut aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sosialisasi dengan warga sekitar. Kehadiran pemuda sangat dinantikan untuk memberikan perubahan, perkembangan dan pembaharuan bagi masyarakat dan negara Indonesia. Aksi reformasi disemua bidang adalah agenda pemuda kearah masyarakat madani. Dan Reformasi tidak mungkin dilakukan oleh orang tua dan anak-anak.

Namun sekarang ini pemuda mempunyai permasalahan dan tantangan yang harus di hadapi oleh para pemuda dalam pembangunan negara, yaitu:

· minim nya akses dan kesempatan pemuda untuk memperoleh pendidikan .

· Kurang nya partisipasi pemuda dalam himpunan tertentu

· ketidakserasian antara kebijakan kepemudaan di tingkat nasional dan daerah

· kurang nya kemampuan kewirausahaan di kalangan pemuda

· tinggi nya tingkat pengangguran terbuka pemuda

· banyak nya masalah masalah sosial di kalangan pemuda, seperti kriminalitas, premanisme, NAPZA, dan HIV/AIDS

· masih rendah nya pembinaan dan perhatian terhadap pemuda dan organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP)

Pemuda atau generasi muda yang mendominasi populasi penduduk Indonesia saat ini harus mengambil peran sentral dalam berbagai bidang untuk kemajuan antara lain:

· Saatnya pemuda menempatkan diri sebagai peserta sekaligus pemimpin perubahan.

· Pemuda harus meletakkan cita-cita dan masa depan bangsa pada cita cita perjuangannya.Pemuda atau generasi muda yang relatif bersih dari berbagai kepentingan harus menjadi asset yang potensial untuk kejayaan bangsa dimasa depan. Saatnya pemuda memimpin perubahan. Pemuda atau generasi muda yang tergabung dalam berbagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda memiliki syarat awal untuk memimpin perubahan. Mereka harus memahami dengan baik kondisi daerahnya dari berbagai sudut pandang. Lalu proses kaderisasi formal dan informal dalam organisasi serta interaksi kuat dengan berbagai lapisan sosial.

· Pemuda harus bersatu dalam kepentingan yang sama untuk suatu kemajuan dan perubahan.Namun menyatukan para pemuda bukan lah perkara mudah. Minimal para pemuda bisa berkumpul dalam satu kepentingan. Pertama, terbebas dari kepentingan pribadi. Kedua, mempunyai tujuan yg sama. Ketiga, bisa saling menghargai pendapat dari siapa pun dan mempunyai kebijakan bersama

· Memulihkan semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda agar dapat meningkatkan moral perjuangan pemuda atau generasi muda. Karena Nasionalisme adalah kunci integritas suatu negara atau bangsa.

· Namun dalam menguatkan semangat nasionalisme jangan sampai meninggalkan jatidiri daerah. Karna adat daerah yg bermacam-macam di Indonesia bisa menjadi identitas bangsa kita.

0 comments: